cover
Contact Name
Misnawati
Contact Email
misnawati.sutardi@gmail.com
Phone
+6285249289997
Journal Mail Official
enggang@upr.ac.id
Editorial Address
Jalan Samudin Aman, Palangka Raya, Kalimantan Tengah
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
ENGGANG Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
ISSN : 28279689     EISSN : 27467708     DOI : 10.37304
Core Subject : Education, Art,
FOCUS AND SCOPE Enggang adalah jurnal pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya. Enggang dipilih sebagai nama jurnal ini karena kehidupan masyarakat Kalimantan Tengah tidak jauh dari alam, termasuk kedekatannya pada burung yang bernama enggang. Burung enggang merupakan simbol kebesaran dan kemuliaan suku Dayak di Kalimantan Tengah. Burung enggang juga melambangkan perdamaian dan persatuan, sayapnya yang tebal melambangkan pemimpin yang selalu melindungi rakyatnya. Ekor panjangnya dianggap sebagai tanda kemakmuran rakyat suku Dayak. Kaitannya dengan jurnal ini, tidak lain adalah mengambil makna filosofis kebesaran burung enggang agar jurnal pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya ini, nantinya menjadi besar yang akan dikenal secara lokal, nasional, dan internasional. Jurnal Enggang sebagai jurnal pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya merupakan salah satu wadah untuk mengumpulkan dan melestarikan kekayaan kita yang tidak ternilai harganya. Tentunya kekayaan yang berhubungan dengan pendidikan bahasa, sastra, seni, dan budaya. Jurnal ini hadir untuk siapa saja yang mencintai dan ingin berkarya di bidang pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya. Selain itu, kami sebagai pengurus jurnal ini bersedia memberikan bimbingan dan pelatihan untuk siapa saja yang ingin maju dan berkompeten dalam hal menulis karya fiksi maupun nonfiksi. Melalui bimbingan dan pelatihan pasti gairah menulis para calon pendidik, para pendidik, dan para pecinta pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya bangkit dengan semangat membara. Mari kita berkarya dan berinovasi dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya. Salam berkarya!
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya" : 15 Documents clear
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABHICARA Abdul Aziz
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2021): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.075 KB) | DOI: 10.37304/enggang.v2i2.3879

Abstract

ABSTRAKSastra merupakan ungkapan ekspresi manusia berupa karya tulisan atau lisan berdasarkan pemikiran,pendapat, pengalaman, hingga ke perasaan dalam bentuk yang imajinatif, cerminan kenyataan atau data asliyang dibalut dalam kemasan estetis melalui media bahasa. Dengan demikian karya sastra dapat didekatidengan menggunakan nilai-nilai pendidikan. Masalah penelitian ini tentang nilai pendidikan yang terdapatdalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabhicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambarandeskripsi nilai pendidikan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabhicara yang berjumlah 369halaman. Penerbit Noura Books, Jakarta. 2012. Data penelitian ini berupa gambaran nilai pendidikan darisegi nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial dan nilai pendidikan budaya.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif dengan mendeskripsikangambaran nilai pendidikan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabhicara dengan pendekatan nilaipendidikan. Metode ini didasarkan pada pertimbangan kesesuaian antara bentuk penelitian dengan tujuanpenelitian. Instrumen penelitian dilakukan dengan studi dokumentasi. Studi dokumentasi dilakukan padanovel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabhicara dengan pendekatan nilai pendidikan. Dari hasil penelitian inidapat diperoleh informasi nilai pendidikan dari segi nilai pendidikan religius dengan kepolosan, ketekunan,kerajinan dan ketakwaan yang dimilikinya, Dahlan terpilih sebagai pengurus ikatan santri baru yang harusmemegang amanat, nilai pendidikan moral lalu Dahlan ingin mengatakan bahwa dia ingin sekolah di SMPMagetan tetapi dia tidak bisa membohongi orang tuanya, nilai pendidikan sosial setelah pulang darimengikuti tim bola voli Imran dan Arif mengajak Dahlan dan Kadir bermain ke sumur tua dan nilaipendidikan budaya Ojo Wedi Melarat Yang Penting Tetap Jujur artinya kita boleh miskin harta tetapi kitaboleh miskin hati.
ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Cindy Aulia Kartikasari
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2021): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.488 KB) | DOI: 10.37304/enggang.v2i2.3880

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian adalah (1) Mendeskripsikan struktur pembangun novel Hafalan Shalat Delisakarya Tere Liye, (2) Memaparkan nilai-nilai pendidikan karakter, dan (3) Memaparkan relevansi novelHafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dalam pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini yaitudeskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye 248 halamanyang diterbitkan oleh penerbit Republika pada tahun 2008. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa,klausa, kalimat, dan paragraf dalam novel ini. Sumber data primer penelitian berupa novel Hafalan ShalatDelisa karya Tere Liye yang diterbitkan Republika tahun 2008 dengan jumlah halaman 248. Sumber datasekunder penelitian diperoleh dari penelitian yang relevan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian iniyaitu teknik pustaka dengan content analysis atau analisis isi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitupengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Unsur intrinsik dalampenelitian ini mengangkat tema religius, perjuangan, dan ketabahan. Alur yang digunakan yaitu alurmaju/progresif. Latar tempat dalam novel ini yaitu Lhok Nga, pasar Lhok Nga, lapangan sepak bola,meunasah, sekolah, rumah sakit, tenda darurat, dan pemakaman massal. Latar waktu dalam novel yaituAhad pagi, 26 Desember 2004 dan Sabtu, 21 Mei 2005. Latar sosial novel ini yaitu masyarakat di Acehkhususnya Lhok Nga dan latar sosial aspek pendidikan maupun kebudayaan. Penokohan dalam novel initokoh utama dan tambahan. Sudut pandang dalam novel ini orang ketiga mahatahu. Amanat dalam novel iniyaitu dari beberapa musibah yang menimpa, dapat memetik pelajaran yang bermakna. Nilai-nilaipendidikan karakter dalam novel ini yaitu religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingintahu, bersahabat, cinta damai, gemar membaca dan peduli sosial. Relevansi novel Hafalan Shalat Delisalayak dijadikan untuk bahan ajar sastra di SMA.
CAMPUR KODE DALAM IKLAN PENAWARAN BARANG DI FORUM JUAL BELI ONLINE FACEBOOK KOTA PALANGKA RAYA (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) Noviasi; Linggua Sanjaya Usop; Indra Perdana; Petrus Poerwadi; Paul Diman; Lazarus Linarto
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2021): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1699.325 KB) | DOI: 10.37304/enggang.v2i2.3881

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan campur kode dalam forum jual belionline Facebook di kota Palangka Raya. Masalah yang akan digali dalam penelitian iniadalah: (1) Bagaimana bentuk campur kode dalam iklan penawaran barang di forum jualbeli online Facebook kota Palangka Raya (2) Apa penyebab terjadinya campur kode dalamiklan penawaran barang di forum jual beli online Facebook kota Palangka Raya.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitiankualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata, frasa, danklausa/kalimat pada status pedangang online dalam forum jual beli online di kota palangkaraya di Facebook. Sumber data yang dipakai adalah hasil ScreenShoot pada status penjualonline dalam forum jual beli online. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknikstudi pustaka, membaca, mencatat dan dimasukkan pada data penelitian. Teknik analisisdata menggunakan teknik interpretasi teks.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 50 data kutipan bentukcampur kode sering ditemukan dalam status penjual online dalam forum jual beli di kotaPalangka Raya di Facebook terdapat 50 kutipan dengan rincian campur kode dalam bentukkata 37 kata, campur kode dalam bentuk frasa 19 frasa, campur kode dalam bentuk kataulang 1 kata ulang, dan campur kode dalam bentuk klausa 1 klausa. Jadi dapat simpulkanbahwa bentuk campur kode yang paling banyak ditemukan dalam forum jual beli onlineFacebook di kota Palangka Raya adalah bentuk kata dan frasa. Faktor penyebab yangmelatarbelakangi campur kode dapat dibedakan menjadi dua yaitu, latar belakang nonkebahasaan atau sikap (atitudinal type) dan latar belakang kebahasaan (linguistic type).Faktor penyebab terjadinya campur kode dalam forum jual beli online di kota PalangkaRaya di Facebook berjumlah 50 data, faktor campur kode non kebahasaan 24 data denganrincian (a) need for synonym 2 data, (b) social value 22 data. Faktor kebahasaan sebanyak28 data dengan rincian (a) low frequenchy of word 2 data, (b) oversight 2 data dan (c) end(purpose and goal) 24 data. Jadi dapat disimpulkan bahwa penyebab penjual onlinemelakukan campur kode adalah social value yaitu penutur segaja menggunakan bahasaasing dalam tuturannya agar terlihat seperti orang yang terpelajar, modern, berwawasanluas dan hebat dan penyebab selajutnya adalah end (purpose and goal) yaitu penutur inginmenerangkan, membujuk, dan meyankikan pembeli agar barang yang dijual menarikperhatian pembeli.
GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM NOVEL CATATAN JUANG KARYA FIERSA BESARI: KAJIAN STILISTIKA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA Ariyani Dwi Andhini; Zainal Arifin
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2021): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.397 KB) | DOI: 10.37304/enggang.v2i2.3882

Abstract

AbstrakPenelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendiskripsikan gaya bahasa yangterdapat dalam novel Catatan Juang karya Fiersa Besari, serta relevansinya sebagaibahan ajar sastra di SMA. Penggunaan gaya bahasa yang digunakan dalam novelCatatan Juang yaitu gaya bahasa perbandingan karena penulis banyak menggunaakangaya bahasa perbandingan. Objek dalam penelitian ini adalah kalimat yang memiliki gayabahasa perbandingan, sedangkan subjek penelitian adalah novel yang berjudul CatatanJuang karya Fiersa Besari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknikpustaka, teknik simak, dan teknik catat yang digunakan untuk mempermudahmengumpulkan data yang berupa kalimat yang memilki gaya bahasa perbandingan. Hasilpenelitian yang telah dilakukan adalah ditemukan 121 gaya bahasa yang terdiri dari gayabahasa hiperbola berjumlah 45, metanomia 5, personifikasi 20, perumpamaan 35,pleonasme 5, metafora 3, simile 3, asosiasi 3, dan hipalase 5. Hasil penelitian yang telahdilakukan memiliki kelayakan sebagai bahan ajar sastra di SMA yaitu dalam segi bahasa,psikologi, dan latar belakang. Serta mampu diterapkan dalam KD 3.9.
JANGJAWOKAN PARANTI DANGDAN: RAHASIA PESONA GADIS DESA KARANGJAYA KABUPATEN PANGANDARAN Yeni Yulia Andriani; Silvy C. Adelia
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2021): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (985.952 KB) | DOI: 10.37304/enggang.v2i2.3883

Abstract

ABSTRAKArtikel ini bertujuan mendeskripsikan pertunjukan dan transmisi JangjawokanParanti Dangdan. Jangjawokan Paranti Dangdan merupakan sastra lisan dalam bentukmantra yang dimiliki masyarakat Sunda di Desa Karangjaya Kabupaten Pangandaran.Pada saat ini, Jangjawokan Paranti Dangdan masih eksis digunakan oleh perempuanDesa Karangjaya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang tersebut,penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui pertunjukan Jangjawokan ParantiDangdan; dan (2) transmisi Jangjawokan Paranti Dangdan di kalangan perempuan DesaKarangjaya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengantujuan mendeskripsikan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang diperoleh. Sumber datadari penelitian ini adalah Jangjawokan Paranti Dangdan dan informasi-informasi yangdiperoleh secara langsung dari informan yang merupakan pewaris sekaligus pelestarimantra dalam lingkaran kekerabatan. Penelitian ini menggunakan perspektif naturilistikdengan teori transmisi Parry-Lord. Teori transmisi digunakan untuk mengungkappertunjukan dan pewarisan sastra lisan. Hasil penelitian ini mengungkap pertunjukanmantra di hadapan pewaris dan transmisi mantra yang meliputi syarat-syarat pewaris danritual pewarisan.
KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL NYALA SEMESTA KARYA FARAH QOONITA Susilawati Susi; Alifiah Nurachmana; Misnawati; Albertus Purwaka; Patrisia Cuesdeyeni; Yuliati Eka Asi
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2021): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.35 KB) | DOI: 10.37304/enggang.v2i2.3884

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menemukan konflik sosial (1)bentuk konflik sosial dalam novel Nyala Semesta karya Farah Qoonita (2) Penyebabkonflik sosial dalam novel Nyala Semesta karya Farah Qoonita (3) penyelesaian konfliksosial dalam novel Nyala Semesta karya Farah Qoonita. Penelitian ini menggunakanpendekatan Sosiologi. Sumber data penelitian adalah novel Nyala Semesta karya FarahQoonita. Data diperoleh dengan Teknik studi Pustaka, Teknik baca, dan Teknik catat.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperolehdengan Triangulasi.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bentuk konflik sosial meliputi: (a)bentuk konflik sosial antar pribadi sebanyak 6 data (b) bentuk konflik sosial kepentigansebanyak 3 data (c) bentuk konflik sosial antar golongan 1 data (d) bentuk konflik sosialantar negara 5 data (2) Faktor-Faktor penyebab konflik sosial meliputi: (a) perbedaan antarindividu 6 data (b) perbedaan kepentingan 9 darta (3) Penyelesaian Konflik sosial meliputi:(a) paksaan 3 data (b) konsiliasi 1 data.Kata Kunci: Konflik dan Konflik Sosial
KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL ORANG-ORANG OETIMU KARYA FELIX K. NESI SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA Muhammad Sukma Aji; Zainal Arifin
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2021): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (775.063 KB) | DOI: 10.37304/enggang.v2i2.3885

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkapkan masalah sosial yang dikritikdalam novel Orang-Orang Oetimu karya Felix K. Nesi. (2) memaparkan relevansi kritiksosial dalam novel Orang-orang Oetimu karya Felix K. Nesi sebagai bahan ajar sastraIndonesia di SMA. Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data dalampenelitian ini berupa satuan-satuan lingual seperti kalimat-kalimat, paragraf, maupunwacana yang mengandung kritik sosial pada novel. Teknik pengumpulan data padapenelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Validitas keabsahan datapenelitian ini menggunakan teknik triangulasi teori. Teknik analisis data yaitu denganmelakukan pembacaan secara mendalam hingga diperoleh hasil penelitian. Hasil penelitianini menunjukkan (1) Terdapat delapan masalah sosial yang dikritik dalam novel inimeliputi masalah politik, ekonomi, pendidikan, kebudayaan, moral, keluarga, agama, dangender. (2) Hasil analisis novel Orang-orang Oetimu dapat direlevansikan ke dalampembelajaran sastra Indonesia di SMA. Namun Novel Orang-orang Oetimu tidak sesuaidengan kriteria kelayakan bahan ajar yaitu dari segi bahasa, psikologi, dan latar belakangsosial budaya.
NILAI EDUKATIF TOKOH BURLIAN DALAM NOVEL SI ANAK SPESIAL KARYA TERE LIYE: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA SEBAGAI BAHAN AJAR CERITA INSPIRATIF Febri Setiani; Zainal Arifin
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2021): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.969 KB) | DOI: 10.37304/enggang.v2i2.3886

Abstract

ABSTRAKZaman semakin modern, ilmu pengetahuan mengalami perkembangan baik dariteknologi maupun pembelajarannya. Perkembangan tersebut membuat banyak darikalangan pendidikan melupakan bidang kesusastraaan karena dinilai sulit danmembosankan. Sehingga menjadi seorang pendidik di zaman modern perlu inovasi dalampembelajaran sastra. Salah satunya memanfaatkan nilai-nilai edukatif di dalam novel dandijadikan bahan ajar dalam pembelajaran dapat memberikan inspirasi yang bermanfaatuntuk siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur, nilai edukatifmelalui karater tokoh utama novel Si Anak Spesial karya Tere Liye serta kaitannya denganbahan ajar cerita inspiratif Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskritifkualitatif dengan objek dalam penelitian ini yaitu objek material berupa kata, kalimatyang menunjukkan suatu watak serta perbuatan dalam hal ini merujuk kepadakepribadian dari tokoh Burlian dan objek formal yaitu nilai edukatif dari perilaku tokohtersebut. Kemudian untuk subjek dalam penelitian ini adalah novel Si Anak Spesial karyaTere Liye.Teknik pengumpulan data yaitu teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat.Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis datainteraktif. Hasil penelitian 1) terdapat struktur yang ditemukan antara lain, tema, alur,tokoh, penokohan, latar, gaya bahasa dan amanat. Keterkaitan antar unsur dalam noveltersebut bersama-sama membentuk suatu makna cerita yang banyak menyimpan nilainilaiedukatif. 2) nilai edukatif yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: nilaiedukatif religi, nilai edukatif moral, nilai edukatif sosial, dan nilai edukatif budaya. 3)nilai edukatif yang ditemukan relevan sebagai bahan ajar cerita inspiratif. SesuaiKompetensi Dasar nilai edukatif telah mencakup kompetensi yang akan dicapai dalampembelajaran cerita inspiratif.
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KALA KARYA STEFANI BELLA DAN SYAHID MUHAMMAD: PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA Chandra Gupta Nur Kartika Sari; Zainal Arifin
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2021): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/enggang.v2i2.3887

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur, nilai pendidikankarakter dalam novel Kala dan melihat relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. Metodeyang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa data tertulisnovel Kala karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad yakni kalimat dan paragraf yangmemuat nilai pendidikan karakter dan relevansinya sebagai bahan ajar. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, teknik simak dan catat. Teknikanalisis yang dilakukan yakni model semiotik meliputi pembacaan heuristik danhermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendidikan karakter yangterkandung dalam novel Kala yakni 14 nilai pendidikan karakter (religius, jujur, toleransi,disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi,komunikatif, cinta damai, gemar membaca, dan tanggung jawab). 2) Relevansi hasilpenelitian sebagai bahan ajar cukup relevan dilihat dari kesesuaiannya dengan KI danKD 3.7 serta KD 4.7 kelas XI SMA.Kata Kunci: pendidikan karakter, novel, bahan ajar
STRUKTUR PEMBANGUN DALAM NOVEL FAITH & THE CITY KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA Ifan Risky Anugera; Zainal Arifin
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2021): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.028 KB) | DOI: 10.37304/enggang.v2i2.3888

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan struktur pembangun dan relevansistruktur pembangun dalam novel Faith & The City karya Hanum Salsabiela Rais danRangga Almahendra sebagai bahan ajar di SMA. Objek penelitian ini adalah strukturpembangun dalam novel. Subjek dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Faith &The City karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Data yang akan ditelitimenggunakan teknik studi pustaka, baca, dan catat. Keabsahan data dalam penelitian iniadalah trianggulasi teori. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menerapkanmodel analisis interaktif. Analisis interaktif menurut Miles dan Huberman (dalam Rijali,2018:83) memiliki empat komponen, yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3)penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan sturkturpembangun mengenai tema, alur, tokoh dan latar. Dari struktur pembangun novel Faith &The City karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dapat direlevansikandengan bahan ajar di SMA kelas XII yang mengacu pada kompetensi dasar 3.9menganalisis isi dan kebahasaan novel.Kata kunci: struktur, novel, dan bahan ajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 15